Proses Untuk Menempah Kitchen Set

Ingin membuat tempahan Kitchen Set? Hubungi House of Furniture Indonesia 081394498886, Workshop spesialis pembuatan furniture custom melayani area Sumut Aceh Riau.

Ruangan dapur telah menjadi ruangan yang amat terpenting dalam sebuah rumah. Saat ini, dapur bukan hanya difungsikan sebagai tempat memasak, tetapi juga tempat berkumpul, memasak bersama dan menikmati makanan yang telah dimasak langsung di ruang dapur. Oleh karena itu, adalah idaman bagi para ibu untuk memiliki dapur yang bersih, rapi, nyaman dan tertata rapi. Untuk memiliki dapur yang disebutkan diatas, kita perlu memiliki perabotan dapur atau kitchen set yang didesain dengan baik, fungsional kemudian dibuat dengan baik dengan kualitas bahan yang baik.

Untuk rumah-rumah yang dibangun saat ini, terutama rumah yang dibuat oleh developer perumahan, ruangan dapur yang disediakan tidak terlalu luas. Oleh sebab itu diperlukan desain yang baik dan presisi, yang memperhitungkan ukuran ruangan. Karena ruangan dapur yang ada tidak terlalu luas tadi, maka diperlukan tempat-tempat untuk menyimpan makanan, menyimpan perlengkapan dapur, dan sekaligus tempat penyimpanan. Maka seringkali kitchen set dibuat menjadi kabinet bawah dan kabinet atas.

Rumah pada perkembangannya saat ini, baik itu rumah perumahan (yang memiliki dapur yang tidak terlalu besar) ataupun rumah yang memiliki dapur cukup luas, dapat dipastikan memiliki kitchen set. Tidak heran sekarang semakin banyak yang memiliki usaha untuk memproduksinya. Apa lagi sekarang sudah banyak yang tidak harus membuatnya secara khusus, karena telah dibuat menjadi modular dan kita dapat merakitnya sendiri, dengan berbagai ukuran dan dapat disesuaikan dengan ruangan dapur kita, dengan berbagai jenis bahan, dengan berbagai model dan warna pastinya. Dan tentunya dengan harga yang lebih bervariatif. Tetapi walaupun begitu, dari segi kualitas, tentunya yang dibuat dan dipasang oleh perusahaan furniture, dari segi bahannya dan kerapian pemasangannya tentunya jauh lebih baik, karena dilakukan oleh yang ahli.

Kitchen set memiliki beberapa unsur yang akan mempengaruhi harganya, baik itu ditempah ataupun membeli yang sudah jadi, antara lain :

  • Bahan yang digunakan, mulai dari bahan dasar sampai dengan finishing
  • Ukuran
  • Model yang menentukan tingkat kerumitan
  • Penggunaan aksesoris
  • Pemilihan warna

Oleh karena hal-hal diatas, kami tidak menggunakan harga per-meter sebagai acuan untuk menentukan harga. Penentuan harga haruslah berdasarkan unsur-unsur tersebut diatas. Harga yang diberikan haruslah jelas dari spesifikasi atau bahannya, jelas finishingnya, jelas ukurannya, jelas modelnya, jelas penggunaan aksesorisnya dan jelas dari segi pemilihan warna ataupun pemilihan material finishingnya.

Agar harga tersebut diatas dapat diperoleh, maka kami membuat sistem/proses untuk membuat/menempah kitchen set, sebagai berikut :

  1. Costumer menghubungi House of Furniture Indonesia (HOFI) untuk mendapatkan jadwal survey.
  2. Survey sekaligus wawancara, survey harus dilakukan agar memperoleh data yang lengkap dalam hal ukuran, ruangan apa saja yang diperlukan, merk & tipe barang-barang elektronik, gaya desain, dan hal-hal lainnya yang diperlukan untuk mempermudah desain kitchen set. Apabila anda telah memiliki desain sendiri atau anda adalah seorang desainer interior ataupun arsitek anda dapat langsung skip ke tahap penawaran harga. Untuk survey diluar kota Medan, akan dikenakan biaya survey sebesar ongkos transport dan akomodasi yang besarnya disesuaikan dengan wilayah yang akan dikunjungi.
  3. Desain, costumer akan dikenakan biaya komitmen fee sebelum mendesain sebesar Rp. 200.000,- sampai dengan Rp.600.000,- (tergantung banyak dan besarnya kitchen set yang akan di desain), agar kami dapat memulai proses desain. Hal ini dilakukan karena banyak hit and run yang memakai jasa kami hanya untuk mendesainkan, kemudian tidak jadi membuat furniture dengan kami dan desain kami dibawa ke tempat tempah furniture lainnya. Komitmen fee akan dikembalikan setelah pekerjaan pembuatan kitchen set anda telah selesai dikerjakan. Hasil desain juga menjadi dokumen yang menjadi acuan bersama pembuatan kitchen set.
  4. Penawaran harga, setelah desain sudah disepakati bersama kemudian kami mengajukan penawaran harga sesuai dengan desain yang disepakati bersama. Harga yang kami berikan sesuai dengan jumlah bahan yang terpakai untuk membuat furniture, prediksi upah kerja tukang dalam membuat, memasang dan melakukan finishing terhadap kitchen set, dan margin keuntungan kami. Jadi harga yang diberikan benar-benar fair. Terkadang apabila kita menggunakan harga per-meter sebagai acuan, maka yang terjadi kemungkinannya ada 2, dan tetap dari keduanya yang dirugikan tetap costumer. Pertama harga per-meter yang diberikan terlalu tinggi, dibandingkan yang mau dibuat. Apabila hal ini disetujui atau disepakati oleh costumer maka margin keuntungan akan sangat besar. Kedua, harga per-meter yang diberikan rendah, mungkin kelihatannya bakal menjadi keuntungan bagi costumer, tetapi justru karena nilainya rendah, kemungkinan untuk menipu dari segi bahan dan kemungkinan ditinggal lari kerjaannya semakin tinggi. Apa lagi costumer menempah di tempat tempah furniture yang tidak memiliki badan usaha.
  5. Pengukuran ulang, setelah costumer bernegosiasi dan menyetujui harga yang telah diajukan, tahap selanjutnya adalah pembayaran downpayment (DP), setelah itu tim HOFI akan melakukan pengukuran ulang.
  6. Proses pengerjaan (produksi), proses pengerjaan dilakukan dalam waktu minimal 2 minggu, apabila yang dikerjakan cukup besar dan cukup rumit, maka diperlukan waktu 4 minggu untuk pengerjaan. Dan untuk pengerjaan kayu solid bisa dikerjakan minimal dalam waktu 8 minggu. Semua ini terhitung mulai dari pengukuran ulang dilakukan.
  7. Pemasangan, apabila proses produksi telah selesai, dan kitchen set telah siap dikirim dan dipasang, kami akan melakukan konfirmasi waktu untuk pemasangannya di rumah costumer. Proses pemasangan dapat dilihat atau dipantau langsung oleh costumer.
  8. Pelunasan, setelah pekerjaan pemasangan telah selesai dilakukan maka anda diwajibkan melakukan pelunasan sesuai dengan kesepakatan pembayaran yang telah dilakukan.

Untuk pembayaran, anda dapat melakukannya secara tunai bila anda berkunjung ke workshop kami di Jalan Brigjend. Katamso, Gang Al Fajar No. 4, Sei Mati, Medan, atau melalui transfer bank ke Bank Mandiri, BNI dan BSM. Pembayaran dilakukan secara bertahap. Down payment (DP) sebelum proses produksi dimulai, selanjutnya tahap-tahapnya dapat dilakukan sesuai dengan kesepakatan bersama dan melalui kontrak kerja yang jelas. Biasa apabila nilai pekerjaan tidak terlalu besar atau dibawah 20 juta, pembayaran termin dilakukan melalui 2 tahap pembayaran. 50% berupa down payment dan 50% pada saat pelunasan. Untuk nilai pekerjaan yang cukup besar, perlu ada kesepakatan bersama mengenai termin pembayarannya.

Demikianlah penjelasan kami mengenai proses-proses dalam membuat kitchen set di perusahaan kami agar membantu anda untuk memilih siapa yang paling baik mengerjakan kitchen set anda. Jangan segan-segan untuk langsung menghubungi kami. Terima kasih.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: